Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perbedaan Melahirkan Normal Dan Caesar Berdasarkan Pengalaman Pribadi

https://www.ceritaiburumahtangga.com/2023/02/perbedaan-melahirkan-normal-dan-caesar.html

Pada postingan saya sebelumnya di blog sebelah, saya sempat bercerita mengenai pengalaman melahirkan anak kedua secara caesar. Meskipun sekarang saya akan bercerita bagaimana perbedaan melahirkan secara normal dan caesar, bukan berarti saya membanding – bandingkan mana yang terbaik ya. Mau melahirkan secara normal maupun caesar, semua ibu hebat dan sempurna.

Perbedaan Melahirkan Normal Dan Caesar

1. Biaya Persalinan

https://www.ceritaiburumahtangga.com/2023/02/perbedaan-melahirkan-normal-dan-caesar.html

Yups, yang paling pertama saya sorot mengenai perbedaan melahirkan normal dan caesar yaitu dari segi biaya. Sebenarnya perihal biaya ini akan berbeda tergantung fasilitas kesehatan mana yang kita pilih. Setiap fasilitas kesehatan baik itu milik pemerintah maupun swasta, punya range harga yang berbeda – beda untuk setiap tindakan. Namun biasanya, biaya melahirkan normal jauh lebih murah bila dibandingkan dengan melahirkan secara caesar. Dulu saya melahirkan di RSUD pemerintah menggunakan BPJS. Alhamdulillah semua tindakan tercover BPJS, hanya ada beberapa keperluan yang harus dibeli dari rumah sakit menggunakan uang pribadi.

2. Tempat Persalinan

https://www.ceritaiburumahtangga.com/2023/02/perbedaan-melahirkan-normal-dan-caesar.html

Saat hamil anak kedua, saya sudah bercita – cita ingin melahirkan di bidan desa saja. Alasan utamanya yaitu karena lokasinya sangat dekat dengan rumah. Jadi, saya tidak akan meninggalkan anak pertama saya terlalu lama. Realitanya, takdir membawa saya untuk melahirkan di rumah sakit secara caesar. Ya, jika melahirkan secara normal bisa dilakukan dimana saja. Mau di bidan desa, bidan praktek swasta, klinik swasta, rumah sakit pemerintah dan lain – lain. Sementara melahirkan secara caesar harus dilakukan di fasilitas kesehatan yang memang support untuk proses tersebut. Biasanya, rumah sakit pemerintah maupun swasta support untuk hal tersebut. Belajar dari pengalaman saya, meskipun niat utama kita ingin melahirkan secara normal tetapi tidak ada salahnya untuk survey fasilitas kesehatan mana yang terbaik versi kita untuk antisipasi kalau saja harus melahirkan secara caesar.

3. Proses Persalinan

https://www.ceritaiburumahtangga.com/2023/02/perbedaan-melahirkan-normal-dan-caesar.html

Mengenai proses persalinan, tentunya sudah bisa membedakan ya antara melahirkan secara normal dan caesar. Melahirkan secara normal, mengeluarkan bayi melalui v*gina. Ya, meskipun pada proses melahirkan secara normal pun akan banyak sekali tindakan – tindakan yang berbeda pada tiap individu. Contohnya dulu ketika saya melahirkan anak pertama, saya tidak mengalami pengguntingan pada jalan melahirkan sehingga jahitan pasca melahirkan pun tidak banyak. Sementara orang lain, ada yang harus dijahit beberapa jahitan karena memang area robekannya lumayan besar ( mohon maaf kalau bahasaya kurang tepat ya ).

Melahirkan secara caesar, jelas sangat berbeda. Proses melahirkan secara caesar dilakukan diruang bedah dan bisa saja kita bertemu dengan pasien bedah lain yang bukan ibu hamil. Pengalaman saya dulu, diruang tunggu operasi bertemu dengan banyak pasien yang akan masuk ke ruang bedah juga. Oh ya, saya menjalani operasi caesar dengan bius lokal ya. Jadi, saya bisa mengikuti jalannya operasi seperti apa.

4. Proses Recovery

https://www.ceritaiburumahtangga.com/2023/02/perbedaan-melahirkan-normal-dan-caesar.html


Berbicara mengenai proses recovery pasca melahirkan, baik itu melahirkan secara normal maupun caesar sebenarnya kembali ke individu masing – masing. Namun secara umum, melahirkan normal itu proses penyembuhannya jauh lebih cepat bila dibandingkan melahirkan secara caesar. By the way, zaman kekinian ini kan ada metode ERACS ya yang katanya recoverynya jauh lebih cepat. Menurut saya sih, secepat – cepatnya recovery operasi caesar, melahirkan secara normal recoverynya jauh lebih cepat dengan catatan tidak ada keluhan atau komplikasi pasca melahirkan. Mohon maaf kalau salah, ini berdasarkan pengalaman saya pribadi melahirkan anak pertama dan kedua.

Saat melahirkan anak pertama, saya bisa langsung pulang dari bidan beberapa jam pasca melahirkan selama saya sehat dan bisa buang air kecil. Sementara saat melahirkan anak kedua, saya butuh waktu beberapa jam untuk belajar miring kanan kiri dan duduk mandiri. Yups, meskipun pasca operasi saya tidak merasakan sakit yang “heboh”, tetapi perlu effort deh buat belajar miring dan duduk mandiri.


Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, melahirkan secara normal jauh lebih “ringan” dari segi biaya, proses melahirkan hingga proses recovery. Namun, semuanya kembali ke pribadi masing – masing karena tiap ibu hamil beda – beda kondisinya. Hal yang perlu digaris bawahi adalah, mau melahirkan secara normal maupun caesar semuanya sama. Yang terpenting dari semuanya yaitu persiapan matang sebelum melahirkan. Sehingga, mau melahirkan normal mauun caesar, Insyaallah akan terasa mudah bila semuanya sudah dipersiapkan dengan baik. Sekian sharing dari saya, semoga bermanfaat ya! Share pengalaman melahirkan kalian yuk!


 

Posting Komentar untuk "4 Perbedaan Melahirkan Normal Dan Caesar Berdasarkan Pengalaman Pribadi"